5 Kesalahan SEO yang Sering Dilakukan Blogger Indonesia

Seiring populernya blogging di tanah air, ilmu-ilmu pendukungnya pun ikut populer. Diantaranya adalah SEO. Namun sayangnya masih banyak blogger yang salah dalam menerapkan SEO.

Tidak Melakukan Riset Keywords
Trafik yang bagus dari search engine diperoleh jika situs kita mempunyai rangking yang tinggi (page one) di SERP. Kebanyakan blogger mengharapkan trafik tinggi, tapi tidak tahu trafik itu didapat darik keywords apa.

Karena mereka tidak melakukan riset keywords. Padahal, dengan riset keywords kita jadi tahu keywords apa saja yang berpotensi mendatangkan trafik tinggi bagi situs kita.

Keywords itu pondasinya SEO. Segala kerja SEO yang kita lakukan akan berdasar pada keywords yang kita optimasi.

Tidak Mengoptimasi title, url dan description

Selanjutnya, keywords yang kita pilih harus diletakkan di tempat yang benar. Yang terpenting adalah pada title dan url, harus mengandung keywords.

Sedangkan meta description harus ditulis semenarik mungkin. Agar orang tertarik mengklik url situs kita di SERP. Percuma jika rangking kita top 10 tapi sepi visitor.

Mengabaikan Backlinks

Banyak sekali blogger yang meremehkan backlink. Alasannya menerapkan teknik on-page saja sudah cukup, atau konten yang bagus saja sudah cukup.

Memang kadang tanpa membangun backlink rangking keywords bisa tinggi. Penyebab utamanya adalah tingkat kompetisi keywords yang rendah. Jika kompetisinya tinggi, kita butuh sekali backlinks.

Lagipula, on-page dan menulis konten yang bagus bisa ditiru dengan gampang oleh kompetitor. Dan, sekali mereka mulai membangun backlink, rangkingmu disalip.

Spammy Backlinks

Blogger yang sudah sadar akan pentingnya backlinks, ada juga yang melakukan kesalahan. Membangun backlink memang melelahkan. Sehingga banyak yang terjebak mencari jalan pintas dengan membangun spammy backlinks.

Justru backlinks seperti itu berbahaya bagi rangking kita. Saya beri dua solusi gampang bagaimana membangun backlink berkualitas.

Pertama, kontak teman dan keluargamu yang mempunyai blog. Jika tema blog mereka relevan dengan blogmu, mintalah backlink pada mereka.

Kedua, guest posting, menulis konten di blog orang lain. Kalau mau santai, lakukan guest posting 1-2 kali saja setiap bulan.

Menggunakan Teknik yang Tidak Berguna

Saya kaget ternyata sampai saat ini masih ada yang menggunakan teknik SEO yang tidak berguna, seperti:

Kesimpulan

Kalau ingin blogmu sukses mendulang trafik dari search engine, terapkan SEO secara menyeluruh. Kamu bisa ikuti panduan yang saya tulis disini. Atau bisa menerapkan pelajaran SEO dari mana saja yang bagus seperti rankxl.com dan backlinko.com.

Pilih ilmunya, fokus pelajari dan terapkan sampai bisa. Jangan pindah belajar yang lain jika belum menguasai benar-benar, agar kamu tidak terdistraksi.

WhatsApp chat