Cara install Let’s Encrypt™ SSL di WordPress

SSL pada zaman now sangat penting, apalagi kalau website kamu itu toko online atau E-commerce. Selain meningkatkan kepercayaan pengunjung tentung sangat baik buat cari muka untuk Mbak Google 😀 . Ok tanpa basa basi kita langsung praktek saja cara menginstall Let’s Encrypt™ SSL di WordPress. Sebelum install SSL, pastikan hosting kamu menyediakan Let’s Encrypt™ SSL. Caranya, cek di tab Security seperti gambar di bawah ini:

Klik gambar untuk memperbesar

Jika hosting kamu tidak menyediakannya, ya mau engga mau kamu harus cari hosting baru 😀 . Selain mendapatkan hosting, hosting provider ini juga mengGRATISkan SSL! Wow..woo.. MARI VIRALKAN! 😀

Ok, pada tutorial ini kita akan menginstall pada website Bixping.co. Sekalian promosi ya, Bixping.co ini adalah website kumpulan para Freelancer Indonesia memperkenalkan diri keseluruh dunia! Jika kamu freelancer atau sedang mencari pekerjaan remote, yuk gabung!

Ok, kita harus kembali ke laptop! Yaitu melanjutkan pembahasan menginstal sertifikat SLL dan langkah pertama adalah kamu login ke Cpanel kamu tentunya ^_^.

Setelah itu klik menu Let’s Encrypt™ SSL, akan muncul halaman baru seperti gambar di bawah ini:

Klik gambar untuk memperbesar

Pada gambar di atas, pilih domain yang ingin diinstal Let’s Encrypt™ SSL, dan klik tanda + issue.

klik gambar untuk memperbesar

Ceklist yang mana menurut kamu butuhkan, pada tutorial ini yang diceklist seperti gambar di atas. Jika sudah diceklist, klik tombol Issue.

klik gambar untuk memperbesar

Jika berhasil, akan ada notif ” The SSL certifcate is now installed …” . Klik tombol Go Back untuk melihat detail SSL nya.

klik gambar untuk memperbesar

Pada gambar di atas dijelaskan url mana saja sudah diterinstall SSL sertifkat! horeeeeeeee!! Sekarang cek domain kamu yang sudah diinstall SLL.

klik gambar untuk memperbesar

Pada tahap ini juga , ternyata browser masih memberikan peringatan kalau ” Connection is Not Secure” . Hmmm,,ternyata belum selesai ya? Jangan khawatir, mari kita lanjutkan perjalanan menginstall SLL sertifikatnya! 😀

Step selanjutnya, kita harus setting di Dashboard WordPress untuk mengatur URL agar selalu menggunakan “https”. Perhatikan gambar di bawah ini:

klik gambar untuk memperbesar

Karena browser masih saja ngasih warning, so kita membutuhkan plugin Really Simple SSL agar warning tersebut hilang. Masih di dashboard kan? Jika masih, instal plugin nya ya guys! Kenapa harus plugin Really Simple SSL ? Plugin ini bener2 simple sesuai namanya dan tidak butuh banyak settingan, so kita cukup sekali klik! SELESAI!

klik untuk memperbesar gambar

Setelah plugin diaktifkan, akan muncul halaman baru. Klik tombol “Go ahead, activate SSL!” agar plugin ini bekerja dengan baik!

klik gambar untuk memperbesar

Gimana? udah diklik tombol di atas? Sekarang waktunya cek website kamu, apakah icon gembok hijau nya sudah muncul atau belum? Jika ikon gembok nya muncul berarti kita sukses menginstall Let’s Encrypt™ SSL! SELAMAT!

klik gambar untuk memperbesar