Membuat Toko Online Part 4 – Ongkos Kirim

March 24, 2019 Blog Kholis34 348 views

Ini adalah tutorial ke 4 tentang membuat Toko Online, sebelumnya saya sudah menulis tutorial cara install WordPress di Cpanel , menginstall dan setup plugin WooCommerce dan menambahkan produk.

Kali ini kita akan menambahkan fitur yang wajib ada disetiap toko online, yaitu fitur ongkos kirim. Untuk menambahkan fitur ongkis kirim kita membutuhkan API rajaongkir.com dan plugin Woongkir.

1. API Rajaongkir.com

Pertama kita harus mendaftar terlebih dahulu di rajaongkir.com untuk mendapatkan API nya, gratis kok.

Setelah berhasil daftar, kamu harus login terlebih dahulu. Pilih tab API KEY pada dashboard rajaongkir.com, kemudian copy API tersebut.

Kita akan menggunakan API itu setting plugin Woongkir.

2. Install Plugin Woongkir

Seperti yang saya bilang sebelumnya, kita membutuhkan plugin agar fitur ongkos kirim ini bekerja dengan sempurna. Jadi install plugin Woongkir terlebih dahulu kemudian kita akan sama2 belajar cara mensettingnya.

Tutorial menginstall plugin bisa kamu cek di link ini https://www.kholis.net/blog/cara-install-plugin-wordpress/

Setelah di install, kamu harus mengaktifkan plugin Woongkir. Klik menu WooCommerce – Settings, pilih tab Shipping.

Pada Locations not covered by your other zones, klik Manage shipping methods. Kita akan di bawa ke halaman selanjutnya, tekan tombol Add Shipping Method.

Setelah kita mengklik tombol Add Shipping Method, akan muncul pop up. Pilih Woongkir sebagai shipping method nya, kemudian klik tombol Add Shipping method nya.

Sampai disini kita berhasil menambahkan shipping method, langkah selanjutnya kita harus memasukan API rajaongkir ke Woongkir.

Setelah shipping method woongkir ditambahkan, kita harus mengedit lagi. Klik edit, kemudian akan muncul pop up lagi. 

Seperti yang teman2 lihat pada gambar di atas, kita harus setting alamat toko online kita. Seperti memilih Provinsi, Kota/Kabupaten dan Kecamatan.

Selain menginput alamat toko online, langkah selanjutnya kita harus menginput API KEY rajaongkir.com.

Karna kita menggunakan API KEY yang gratis, kita hanya diperbolehkan menggunakan satu saja jasa ekspedisi nya. Pada tutorial ini saya memilih JNE sebagai shipping nya.

Klik tombol Save Change untuk melakukan perubahan.

Sekarang coba teman2 belanja disini https://www.edu.kholis.net/shop sampai check out, isi dengan alamat lengkap teman2. Jika berhasil ongkos kirim JNE akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Jika kamu mengalami kendala, seperti fitur JNE tidak muncul seperti gambar di bawah.

Coba cek lagi apakah produk kamu mempunyai berat? Contohnya seperti gambar di bawah.

Saya juga pernah mengalami error ” There are no shipping methods available. Please ensure that your address has been entered correctly, or contact us if you need any help. ” Tapi setelah berat produknya saya isi, Setelah di refresh browser nya. Fitur JNE pun muncul deh, gimana teman2? Masih ada kendala engga soal fitur ongkos kirim toko online ini? Komen ya jika ada pertanyaan 🙂

Dan begitulah cara menambahkan fitur ongkos kirim pada toko online, jika ada pertanyaan atau JNE tidak muncul bisa live chat disini https://www.kholis.net/chat-room/.

Share ya jika artikel ini bermanfaat , artikel selanjutnya akan dijelaskan cara kerja toko online, dan sampai ketemu lagi ditutorial selanjutnya!

Tutorial membuat toko online ini saya bagi beberapa step, link tutorialnya temen2 bisa cek di bawah ini

Step 1, Menginstall WordPress di Cpanel

Step 2, Menginstall Plugin WooCommerce

Step 3, Menambahkan Produk

Step 4, Membuat fitur ongkos kirim

Komentar di bawah jika kamu ada pertanyaan