Tentang Upwork dan Hourly

January 20, 2019 Blog,Chit Chat,Wirausaha Kholis34 124 views

Alo teman2, lagi nyari artikel tentang Hourly Upwork? atau engga sengaja baca artikel ini? Nah, buat yang belum tahu apa itu hourly dan Upwork sendiri. Baiklah akan saya jelaskan sebisaku ya, jadi Upwork adalah situs marketplace yang mempertemukan project manager atau client kami menyebutnya dengan Freelancer.

Cara kerja Upwork sendiri adalah Project Manager pasang lowongan kerja plus deskripsi kerjaannya, nanti Freelancer berebut untuk mendapatkan project tersebut dengan cara bid kerjaan. Ada dua tipe pekerjaan di Upwork, Fixed Price dan Hourly.

Nah nambah lagi istilah di Upwork, Fixed Price. So sudah jadi kewajiban saya untuk menjelaskan apa itu Fixed Price. Baiklah, Fixed Price adalah tipe pekerjaan di Upwork yang budget project nya tetap. Tetap disini maksudnya, kalo kita berhasil menyelesaikan pekerjaan dalam waktu sehari, maka fee nya tetap.

Kalo project diselesaikannya lama juga fee nya tetap, beda dengan hourly. Project Manager akan membayar freelancer sesuai dengan jumlah jam kerja yang dihasilkan oleh freelancer, Upwork sudah menyediakan tool tracking jam kerja untuk para freelancer.

Jadi, jika kamu mendapatkan project tipe hourly. Jangan sampai lupa mengaktifkan tracking nya. Kalo lupa gimana? tambahkan aja jumlah jam nya secara manual.

Kemudian ciri2 Fixed Price sama Hourly itu gimana? Perhatikan gambar di bawah ini ya.

Pada no 1 kita bisa lihat dengan sangat jelas, kalo tipe pekerjaan pada no 1 adalah hourly.

Sedangkan no 2 tipe nya Fixed Price, dan no 3 adalah budget si Client cuma punya $30. Kita harus pintar2 mengambil hati si Client, kita bisa naikin atau dikurangin fee yang harus si client bayar ketika melamar(bid) project nya.

Ada banyak hal yang perlu kita ketahui tentang Upwork ini dan  mudah2an saya ada kesempatan untuk membahas lebih detail .Seperti bagaimana memilih Client, gimana caranya supaya engga kena tipu atau bahkan bagaimana caranya supaya engga diperes/diteror client 😀

Trik2 di atas belum saya bahas di artikel ini ya, mudah2an lain waktu ya.

Masih tentang hourly,  hourly sendiri adalah salah satu tipe pekerjaan yang ada di Upwork sangat diburu oleh freelancer.

Kenapa? Bayangkan aja, jika kita di hire project hourly dengan bayaran $9, $10, $15/jam ato bahkan lebih. Seminggu ceritanya kita diberi limit 40 jam/minggu, hitung saja berapa penghasilan kita seminggu? Oh bahagianya bukan? 😀

Gambar di atas adalah screenshot aplikasi tracking yang harus di install oleh freelancer yang mengerjakan project tipe Hourly.

  1. Current session : Ini jumlah jam yang sudah kita tracking, kalo kita klik tombol OFF. Jam nya akan kembali ke 0
  2. Today : Sedangkan pada bagian ini adalah total jumlah jam yang berhasil kita tracking, dimulai jam 7.00 WIB sampai jam 7.00 WIB besoknya.
  3. This Week : adalah limit jam kerja yang kita dapatkan dari client, pada gambar dijelaskan kalo freelancer tersebut sudah memenuhi limit jam kerjanya. Jika limit sudah full, kita stop kerja aja. Karna jika kita melanjutkan kerjannya. Kita tidak akan mendapatkan bayaran, jadi tunggu aja hari senin jam 7.00 WIB. Limit jam kerjanya akan direset.

Nah, ceritanya kita udah kerja dan sudah menghabiskan limit jam kerja perminggunya. Pertanyaan selanjutnya kapan kita di bayar?

Berbeda dengan Fixed Price, hourly akan dibayar 2 minggu kemudian. Perhatikan gambar di bawah ya untuk detailnya, biar engga salah paham 😀

Jadi untuk menjawab pertanyaan sebelumnya, berikut cara kerja Hourly di Upwork.

  1. Work in Progress, ini adalah  minggu pertama kita kerja, kerjanya hari kita di hire sampai hari senin depan jam 07.00 WIB. Balance pada tab Work in Progress itu cuma info berapa yang fee kita dapat, untuk mengakses tab ini caranya login ke Upwork – Report – Overview.
  2. In Review, setelah hari senin jam 07.00 WIB(minggu ke 2). Balance dari Work in Progress akan pindah ke tab In Review, hasil kerja kita akan direview oleh client. Tenang, untuk hourly uang client ada di escrow Upwork jadi aman. Klien punya waktu 5 hari untuk review hasil kerjaan kita, direview ato engga. Balance akan tetap masuk kok, jadi hari sabtu jam 07.00 WIB minggu kedua kerja. Balance akan masuk ke tab Pending
  3. Setelah ke balance ke tab Pending, rabu depan jam 07.00 WIB (minggu ke 3). Balance siap di WD! yes tiap hari rabu freelancer hourly akan gajian.

Gimana udah paham belum? kalo belum saya rangkum lagi ya :D, contoh. Kita di hire hari selasa, hari rabu besoknya kita engga gajian, gajiannya nanti hari rabu  ke 3.

Nah begitulah penjelasan singkat tentang hourly di Upwork, komen dan share ya jika artikel ini bermanfaat 🙂

Komentar di bawah jika kamu ada pertanyaan